Wednesday, October 15, 2008

Gairah Para Blogger Mengikuti Lomba Foto




Ikutilah kontes foto skala nasional, yang dinamakan Pesta Blogger Photo Contest!

Aku baru saja mengikuti program Free Rice. Beralamat di www.freerice.com, program ini berbentuk permainan, yaitu mencari persamaan kata. Setiap sinonim yang berhasil dijawab benar, nilainya adalah dua puluh butir padi. Free Rice merupakan program kerja dari PBB. Program ini disebarkan melalui internet dan salah satu targetnya adalah para blogger. Tak heran, aku sebagai blogger di Indonesia, bisa mengikuti program ini.


FreeRice.COM


Disebutkan di atas, bahwa salah satu target penyebaran program pemberantasan kemiskinan ini adalah para blogger. Lalu, di mana alamat website tempat dipasangnya pengumuman ini? Jawabannya adalah Blog Action Day/ English (bahasa Indonesia).

Blog Action Day dikenal sebagai hari besarnya para blogger di dunia. Di Indonesia, ada satu perayaan serupa yang disebut Pesta Blogger, yaitu pertemuan para blogger dengan acara yang besar-besaran berskala nasional di Indonesia. Aku kurang begitu tahu tentang acara blogger semacam ini, termasuk acara buka bersama (bulan Ramadhan) atau gathering lainnya. Jika Anda berminat, informasi mengenai acara temu muka para blogger ini dapat dilihat di pestablogger.com.

Aku hanya ingin memberitahukan satu kegiatan yang cukup menarik di Pesta Blogger, yaitu lomba foto. Kontes ini sangat terbuka untuk umum dengan tidak mengenal kategori usia dan tanpa melihat asal blog serta jenis kamera yang digunakan. Pelajar SMA, mahasiswa, karyawan, polisi, guru semuanya boleh ikut. Blogger blogspot, blogger dagdigdug, dan wordpress semuanya dapat mengirimkan foto. Tak hanya itu, foto yang diambil dengan menggunakan kamera Olympus, Canon, Sony atau pun merek lainnya juga diijinkan. Kiranya ajakan di atas tidak berlebihan bila memaknai kehadiran Pesta Blogger 2008. Dewan juri yang berkepentingan di kontes ini, antara lain Arbain Rambay (lihat foto juri) dan Dibyo Gahari. Obyek dan pengambilan foto harus berada di wilayah negara Republik Indonesia. Kriteria dan syarat-syarat harus dicheck terlebih dahulu di sini.

Kembali kita membahas Blog Action Day. Dari situs resminya, aku mendapatkan informasi penting mengenai Blog Action Day ini. Antara lain, tema Blog Action Day kali ini adalah "Poverty", yang dalam bahasa Indonesia berarti kemiskinan (eh sebentar, check dulu di kamus John M Echols... yup, sipirili xD kemiskinan temanya). Hal penting lainnya yaitu terdapat 88 cara memberantas kemiskinan. Beberapa diantaranya yang dapat dicantumkan di sini adalah:
  1. Berhenti bermalas-malasan. Carilah cara bagaimana mengerjakan tugas agar lebih baik lagi sehingga lebih produktif (ampun... sebenarnya aku tak pandai memberikan tips)
  2. Menyumbanglah!
  3. Bermainlah di freerice.com!
  4. Berantas korupsi!
  5. Ajarkan kepada yang lain. Jika Anda adalah seorang guru, terangkan pada siswa mengenai kemiskinan. Dengarkan pendapat mereka. Berikan inspirasi sebagai upaya pembenaran atas program-program kemiskinan ini.

Nomor tiga, itu dia cara yang coba aku praktikkan. Di Free Rice, kita akan bermain-main dengan kosakata bahasa Inggris. Keuntungannya ada dua, yaitu tujuan utama dapat terwujud. Dalam hal ini adalah mendapatkan beras untuk disumbangkan melalui PBB. Keuntungan berikutnya adalah belajar bahasa Inggris. Ini contohnya:

fine-looking artinya berpenampilan menarik. fine-looking memiliki arti yang sama dengan handsome. handsome berarti tampan atau ganteng.
puppy artinya anjing kecil. puppy memiliki arti berbeda dengan pappy. pappy adalah sebutan lain untuk Dad, Daddy, atau Father. Dalam bahasa Indonesia, pappy berarti ayah. Atau dapat juga diartikan papa, papi, atau bokap.



Ayo, mainkan! Pada layar, di sisi kiri tertera level yang berhasil dicapai. Yang mahir bahasa Inggris, pastinya akan mudah masuk ke level dua hingga level berikutnya. Akan tetapi, bisa mendapat dua puluh butir padi saja sudah terhitung usahanya. Teruslah berusaha! (gairah semangat akibat Laskar Pelangi. Ikal saja bisa sampai luar negeri)


35 comments:

Anonymous said...

wah, aku sendiri mencantumkan link 88 cara memberantas kemiskinan itu, tapi malah gak lihat tautannya ke FreeRice itu. oke, aku ke sana :)

Inas Fadil Basymeleh said...

wah, ada lomba foto nih..!!mau ikut sih, tapi kok nggak yakin ya? hehehee...

Anonymous said...

owh ini toh semalem

Milla Widia N said...

mau ahhhh ngikut lomba fotonya, siapa tau menang :D
free rice ? lari ahhh ke TKP ;)

Anonymous said...

makasih udah mampir,
pengen ikut sih tapi...halah
kesana dulu deh
makasih infonya

Anonymous said...

setelah check ke sana kemari, ternyata lagi musim lomba foto ya..

temanya pun bermacam-macam, diantaranya hutan hujan, kemudian lingkungan hidup, gotong royong, dan bencana alam.

ayo ikutan! lomba foto di sini diselenggarakan dalam rangka Pesta Blogger. sebuah acara duduk bersama para blogger Indonesia.

anyway, fotonya harus diambil dengan kamera digital dan dikirim melalui internet.

bagaimana dengan foto yang diambil dengan negatif film?

ahha, benar-benar musim lomba foto ni.. karena PT Pos Indonesia telah menjawab permintaan kita dengan menyelenggarakan kontes serupa. judulnya Pos Indonesia Photo Contest 2008. foto boleh diambil dengan kamera konvensional maupun kamera digital, tetapi foto harus dikirim setelah dicetak dengan ukuran tertentu melalui jasa pos pastinya.

Informasi Pos Indonesia Photo Contest, baca di sini.
Informasi Pesta Blogger Photo Contest, baca di sini.

oiya....... setelah dibaca, ternyata ada satu juri di Pesta Blogger Photo Contest yang juga ikut duduk di bangku juri Pos Indonesia Photo Contest, yaitu Oscar Motuloh. (bukan tuwloh, bukan juga Hidayatullah)

Anonymous said...

pesta photo yaa ? photo narsis ngga boleh yaa? :)
ke tkp dulu ah ..

Diana Yusuf said...

bagaimanakah aturannya bebas apa enggak?

Anonymous said...

tes ahh...

The Diary said...

walah aku ga pinter bhs inggris je... ga bisa nyobain :(

Anang said...

nyoba ngintip bentar

Darkpuccino™ said...

wah wah wah... saya harus ikyutan nih...

apa kbr nih mas day, yoi saya ganti skin utk penyegaran hehe

Anonymous said...

ajang narsis yah ???

Anonymous said...

ngintip dulu ach.....

Nurwita Site said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Agung Aritanto said...

aku mau ikut tapi ngga bisa fotografer dengan baik

Anonymous said...

wah! aku malah baru tau kalu ada Pesta Blogger Photo Contest! kayanya seruuuu yaaa......

mampir nie'.. salam kenal yaaa ;)

Anonymous said...

walah, aku ora iso moto he..he.. thanks for dropping by

Anonymous said...

ikut ah ikutttt

Anonymous said...

wah, saya menyusul....

tunggu ya... jangan ditinggal..

Anonymous said...

salam kenal brooo

GrapZ said...

uda main freerice, keren juga yah...

Anonymous said...

wah mau komen di shoutbox kok error terus yah? jadinya komen di sini.. hehe

seru juga nih kayaknya

Anonymous said...

Happy Wednesday! Bloghoppin' here... Hey, I have an interesting tutorial for you that I have written myself. It is about adding Adsense on your Single Post in XML template. I hope you'll like it! God Bless you!

Update Info said...

boleh juga,,,
tapi gak bisa fotografi...ajari dongz... :D

salam kenal

mampir ke http://gapura-solo.blogspot.com/ yaa :) thanks..

Anonymous said...

yap bener sekali quaresma emg pake nomer punggung 18...iya neh q butuh bantuan ajari dunkz...biar keren seperti blogmu...he...he...

Anonymous said...

ok2 terimaksih. see u..

Anonymous said...

thankyu..

arista budiyono said...

ayo mampir ke blog ku ada undian copaa.... kok blog sampean jarang di update?? kenapa..... hehehhehehe

EK4zone said...

wah keren keren, ikutan ahhh...

serbatop informasi said...

hmmm..baru tau nihhh
meluncur akhhh ke TKP
salam kenal dan salam sukses semua

oakleyses said...

mcm handbags, timberland boots, hollister, converse, instyler, asics running shoes, nfl jerseys, jimmy choo outlet, ralph lauren, hermes belt, north face outlet, north face outlet, lululemon, herve leger, louboutin, vans outlet, gucci, celine handbags, hollister, beats by dre, nike roshe run, chi flat iron, ferragamo shoes, p90x workout, hollister clothing, iphone cases, baseball bats, babyliss, longchamp uk, mont blanc pens, nike air max, oakley, mac cosmetics, lancel, reebok outlet, ray ban, valentino shoes, bottega veneta, new balance shoes, soccer shoes, nike air max, nike huaraches, soccer jerseys, insanity workout, converse outlet, abercrombie and fitch, nike trainers uk, ghd hair, wedding dresses, vans

oakleyses said...

karen millen uk, doudoune moncler, canada goose outlet, louis vuitton, pandora charms, pandora jewelry, louis vuitton, montre pas cher, swarovski crystal, ugg, links of london, ugg uk, swarovski, canada goose uk, louis vuitton, ugg,ugg australia,ugg italia, toms shoes, louis vuitton, ugg,uggs,uggs canada, hollister, juicy couture outlet, ugg pas cher, supra shoes, moncler, replica watches, moncler outlet, pandora uk, moncler, moncler, juicy couture outlet, thomas sabo, marc jacobs, moncler, moncler outlet, canada goose, canada goose outlet, canada goose, canada goose outlet, wedding dresses, canada goose jackets, louis vuitton, pandora jewelry, canada goose, moncler uk, coach outlet

داليا said...

http://www.prokr.net/2016/09/pest-control-companies-24.html
http://www.prokr.net/2016/09/pest-control-companies-23.html
http://www.prokr.net/2016/09/pest-control-companies-22.html
http://www.prokr.net/2016/09/pest-control-companies-21.html
http://www.prokr.net/2016/09/pest-control-companies-19.html
http://www.prokr.net/2016/09/pest-control-companies-18.html



انجين محمد said...

هناك العديد من الشركات التي تقدم خدمات ولا نعرف كفاءتها أو سنوات خبراتها فالعديد من الشركات المنتشرة حديثا تتعامل مع هواه ليس لديهم خبرة كافيه في مجال تقديم الخدمات كما أن المواد المستخدمة ليست معلومة المصدر فلا نعرف أثارها علي الصحة ولنتجنب التساؤلات فشركة النور الدولية لها تاريخها المعروف من سنوات طويلة بالأضافه إلي خبرتها وكفاءتها في مجال الخدمات فالشركة تحرص علي التعامل مع أفضل كوادر للعمل معاها بالأضافه إلي أنها تستخدم أفضل المواد المعروفة عالميا والمطابقة لمواصفات الصحة العالمية كما أنها تستخدم أفضل الوسائل التكنولوجية الحديثة لتقديم أفضل الخدمات وبأقل الأسعار لتصل خدماتها لجميع الفئات.

شركة أعمال السباكة بمكة
شركة أعمال الكهرباء بمكة
أفضل شركة مقاولات بمكة
شركة فني نجارين بمكة
فنى نجار بمكة
شركة تركيب سيراميك بمكة

 

Hak cipta © HIDAYATULLAH 2006 - All rights reserved | WEB DAY | FRIENDSTER DAY | FOTO DAY