Tuesday, September 30, 2008

SMS Lebaran Bergaya "Apa Kata Dunia?"


Setelah beberapa hari yang lalu, aku membongkar tumpukan buku pelajaran (Madrasah Tsanawiyah) untuk mencari buku Fiqih, kini aku bermain-main dengan handphone. Inbox di handphone, entah error atau bagaimana, jumlahnya mencapai seribu seratus lima (1105 pesan). Didalamnya masih tersimpan SMS tahun lalu tentang lebaran dari kawan-kawan. Rencananya, aku memang ingin mengumpulkan SMS lebaran tersebut untuk dipasang di blog. Tentunya aku harus memikirkan waktu yang tepat. Well the moment has finally arrived, it’s show time!

Teks proklamasi kemerdekaan Indonesia disusun oleh Soekarno, M Hatta, dan Achmad Soebardjo. Loh kok kemerdekaan? Salah kutip ya? Tidak!!

Teks tersebut sesungguhnya bisa dijadikan bahan untuk SMS lebaran. Bunyi SMS lebaran yang berbahan dasar teks proklamasi kemerdekaan ini adalah:

Kami nanang sekeluarga dengan ini menyatakan Selamat Idul Fitri.

Hal-hal mengenai kesalahan & kekhilafan mohon dimaafkan secara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.




Plaosan, 13 Oktober 2007
Atas nama saya,
NANANG D H



Ucapan lebaran tersebut dibuat dan dikirim oleh Nanang Dwi Hantoro, yang kebetulan teman kuliah. Aku menerima ucapannya tahun lalu. Bunyi dan isinya sudah dipatenkan dan didaftarkan sebagai karya cipta. Sehingga bila ditemukan ucapan lebaran yang serupa dan sama, harus tertera hak ciptanya. (agh, yang benar saja. apa kata dunia..?!!?!?!!)

Aku dibuat senyum karena kagum. Kali ini, dua mahasiswa di Indonesia menulis ucapan lebaran berbau keilmuan. Yang satu berasal dari Medan dan satunya lagi wong kito, Palembang. Mereka yang kreatif itu tengah menimba ilmu di Nanggroe Aceh Darussalam dan Jogjakarta. Temanku yang merantau di Nanggroe Aceh Darussalam itu bilang, "mungkin NERVUS salah menghantarkan rangsangan, sehingga LINGUA salah berucap yang membuat HEPAR tersakiti dan DUKTUS LACRIMALIS dialiri cairan sehingga air mata menetes deras. Maaf atas khilaf yang membuat semua EXTREMITAS tak nyaman dan SSP bekerja tak normal. mohon maaf lahir & batin...". Tri Novia Sari Putri, mahasiswi kedokteran, mengirimkan SMS tersebut pada 12 Oktober 2007, lebaran tahun lalu.

Perkenalkan, Tofan Wisuda Nova, temanku yang mengambil program studi Teknik Informatika di Jogjakarta. Bunyi SMSnya: "syntax error near LEBARAN. Check your apologize for more info. Error message TAQABBALALLAHU MINNA WAMINKUM. You must delete my mistake, please! Press MAAF to continue..". Maka lebaran pun semakin ceria.


mengenalmu..... satu anugerah,
bercanda denganmu..... satu kebahagiaan

Menyakitimu adalah satu kesalahan.
Meminta maafmu..... satu permintaan.
Semoga teriring satu keikhlasan.

Selamat Idul Fitri 1428H. Mohon maaf lahir & batin.

iin




Nah, yang di atas ini baru romantis namanya. Dari siapa? Dari Ika Indrawati pengirimnya. Bagi penerimanya, pasti berbunga-bunga seraya ingin bercinta.







Hello, everybody! Adakah blogger dari Komering? Pada tahun 2005, tiga tahun yang lalu, aku pernah mencoba merangkai ucapan lebaran berbau rindu pada kampung halaman. Maka pada SMS itu, kusisipkan kata Komering, seperti ini:



Bagus-bagus 'kan.. Boleh copy-paste untuk transfer ilmu ke kawan lainnya. Caranya gampang-gampang susah, ketik huruf per huruf hingga akhir kalimat dengan menggunakan jari jempol. Semoga mereka tersenyum bahagia menerima SMS lebaran dari Anda :)

43 comments:

rizko said...

hehehe, bagus2 ucapannya :) boleh copy paste yah :)

cebong muter muter takbiran said...

weaxeaxeaxe klo saya copast dari yg pertama kali kirim sms hihihi gpp...penting niyatnya.wedew....tipe sms na sesuai dg jurusannya...huihuihui..met idul fitri..minal aidin wal faizin

Lyla said...

selamat hari raya idul fitri mohon maaf lahir dan batin yaa...

Kang Nur said...

wa ini baru posting bagus :)
maaf lahir batin

novie-pinky said...

Mohon maaf lahir batin mas dayy...
Selamat idul Fitri yahh..
punten...vie lama ga berkunjung...hehehe..
masih dengan tebar pesonanya kah?
^_^

epugi said...

mohon maaf lahir bathin yee..
Taqabbalallâh minnâ wa minkum, shiyâmanâ wa shiyâmakum..
Gapapa lah sms nya sama, yg penting niat yg ngirimnya. Heuheu..

Eucalyptus said...

Minal aidin wal faidzin ya... wah bagus2 neh kartu dan ucapannya...
BTW aku udah tambahin tuh informasi mengenai harga karcis premiere di postinganku

day... said...

hai semua, ma'afin ya.. baru sempat membalas. hoho ada Novie, lama sekali tak bertegur sapa..

aku kirim ucapan lebaran buat rizko, cebong, Lyla, Kang Nur, Novie, epugi, ayuk Evie:

sucikan hati..
seputih COCAYN
sebening VODKA
seharum GANJA..

selamat idul fitri
mohon maaf s'mua kesalahan
walau sekecil EXTASI..

maaf lahir & batin
selamat lebaran-1429 Hj

iman brotoseno said...

begitu ceria pesan lebarannnya..
lirik komen atas...he he
Minal aidin wal faidzin
( standara saja ..)

day... said...

halo mas iman brotoseno, selamat sore!

>_____________________________
||
|| Kapal nelayan memakai sauh
|| Hendak berburu ikan satin
|| Salam hormat dari jauh
|| Mohon ma'af lahir batin
>_____________________________

Selamat Idul Fitri 1429 H

sawali tuhusetya said...

memang seneng kalau dapat sms lebaran yang khas dan unik dari temen2. wah, lebaran tahun ini sms lebaran yang masuk ke hp, ndak lebih dari 100-an.

sawali tuhusetya said...

btw, selamat idul fitri mas hid, mohon maaf lahir dan batin.

sha said...

kreatip banget ituh sms'a. . . bole kopi paste bwt taun depan yah ^^
Selamat idul fitri jugag. . mohon maaf lahir dan batin

day... said...

semoga tahun depan SMS lebarannya lebih meriah lagi, ya sawali... dan untuk sha, semoga tahun depan lebarannya ada ketupat lagi. hihi

makan udang galah sama cumi
kalau ada salah please forgive me
Selamat Idul Fitri 1429 H
Minal aidin wal faizin,
mohon maaf lahir batin.

Maz bow said...

posting nya ok.... awas nanti rame diprerbincangkan seperti iklan Xl-klamasai...hehe... minal aidzin.. salam super

day... said...

salam super? rame diperbincangkan? kok aku jadi bingung... XL-klamasi yang Luna Maya 'kan...

hehe, lupakan aja deh. ini maz bow, buat kamu:

Jadikanlah maaf sebagai hidangan terlezat di hari yang suci ini. Alangkah indahnya jika setiap hembusan nafas diiringi niat untuk saling memberi maaf.

Selamat Idul Fitri 1429 H.

harry said...

wow...mantafff, yang proklamasinya kang

Didiet said...

aku juga ngucapin minal aidzin walfa idzin ya..maafin aku day

Milla Widia N said...

mudah2an gak telat.... mohon maaf lahir bathin yah... maaf kalo ada salah2 posting hehe....

yu2n said...

unik-unik ya ucapan lebarannya.

sekalian mo ngucapin Met Lebaran juga ya.. Minal Aidin Walfaidzin

day... said...

selamat pagi Didiet (Jawa Timur) dan Milla Widia N (DKI Jakarta)..
seneng deh, hubungan kita bisa terus terjalin di blogsphere ini. salam kenal untuk Yuyun Wahyuni Abasi (Sulawesi Utara) dan Rafi Syahrizki (Jawa Barat).

untuk berempat, ucapannya berbahasa Arab ya. jangan protes.. hehe


تَقَبَّلَ الله ُمِنَّا وَمِنْكمُْ

من العاءدين و الفاءيزين

مبروك عليكم العيد ان شاء الله



yang baris ke-3 itu bacanya MABRUK, lebih kurang artinya Selamat Idul Fitri Insya Allah.

wempi said...

met lebaran

EditTag said...

met lbaran...lucu2 ya tulisan lebarannya :D

Blog and Business said...

Jawaban Ucapan lebaran

Mbah marijan gowo bandoso...
Podo podo...

day... said...

ma'afkan s'gala salah dan khilafku atas kekeliruan lisan, hati, laku, dan pikirku..

taqobala Allahu minna wa minkum
minal aidin wal faizin..
mohon maaf lahir dan batin

(dikirim untuk pemilik blog www.wempi.nokspi.com, www.edittag.blogspot.com, & www.nadagitar.blogspot.com )

radenmasnews said...

Mbah Marijan PnCen RoSo,,wiNgi
kTiban kLopo,,
uNTuNE nJPAT SiRae LoRo,,Tp Ora po2..
MumpUnG saiki wULan riyoyo,, kulo matur
Sdoyo LePAT kulo Nyuwun di NgaPuRo

salam kenal......

day... said...

selamat pagi Raden Mas...
Sugeng Enjang! (hihi) :D

aku kirim ya buat Raden Mas, ucapan lebaran serupa tapi tak sama. berbahasa Jawa, namun didalamnya menggunakan kata "dino riyoyo". sedangkan Raden Mas menggunakan kata "wulan riyoyo".


+aku nuwun pangapuro kesalahan pitutur, uga tindakanku marang kowe. muga-muga kabeh dosaku lan dosamu dilebur ing dino riyoyo, amin.

minal aidin wal faizin.-


berbeda lagi dengan yang ini, bukan "dino riyoyo" ataupun "wulan riyoyo", melainkan dinten riyadi.


+Suminten wonten pinggir margi
Sadean kupat bumbune santen
Puniko dinten riyadi
Sadaya kalepatan nyuwun pangapunten.

Taqobbala Allahu minna wa minkum!-

Nakinisa said...

mohon maaf lahir bathin juga ya & tetap semangat ngeblognya.

day... said...

Kepada
Yth Bapak Nakinisa
di
- tempat


ma'ap!
bukannya mau ganggu.
ma'ap!
bukannya mau ikut-ikutan.

tapi ma'ap, saya bener-bener mau minta ma'ap.

'kan IduL FiTri. MohoN ma'ap.....

Ly said...

Wah Kalau Gitu daku Taqoballahu Minna Waminkum ... juga yaacch... :)

rizasaputra said...

waa.. keren-keren ucapannya... sayang baru liat sekarang setelah lebarannya kelewat seminggu...

Suicune And the Pair of Heart said...

Gomennasai ini siapa yaaa..

mediana said...

mskpun blom pernah mampir, maaf lahir batin juga deh..

Hariyadi Maramis said...

bener euy...sayang dah lewat 2 minggu lebarannya...buat lebaran tahun depan aja deh. hehe.....

Ecky A. said...

met lebaran yaa..

zainuddinjambi said...

Aq kok ngak dpt SMS yg seperti itu ya........

Selamat Hari raya Idul Fitri Mohon Maaf lahir dan batin.
Yeeeeee. Telat. Ngak masalah deh. Khan masih Syawal. Weeeeeeeeek.

Lebih baik terlambat dari pada ngak sama sekali.
Wuwww. Pepatah kuno.

Lam kenal ya.

masiqbal said...

Taqobballallahu minna wa minkum, Syiamana wa syiamakum,
Ja’alanallahu wa iyyakum, Minal aidin wal faizin
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H
Mohon maaf lahir dan bathin, maapin segala salah dan khilafku selama ini ya…

chie_putRi said...

waahh...keyreennnn...:D

minaL aidziN jg y..

Anonymous said...

valium online valium medication muscle relaxer - valium taper schedule

oakleyses said...

longchamp outlet, cheap oakley sunglasses, chanel handbags, oakley sunglasses, replica watches, christian louboutin outlet, louis vuitton, jordan shoes, nike air max, louboutin pas cher, longchamp pas cher, burberry pas cher, prada outlet, gucci handbags, christian louboutin shoes, polo outlet, replica watches, nike free run, tiffany jewelry, louis vuitton outlet, christian louboutin uk, prada handbags, nike free, oakley sunglasses, ray ban sunglasses, christian louboutin, louis vuitton, jordan pas cher, ugg boots, ray ban sunglasses, michael kors pas cher, longchamp outlet, air max, polo ralph lauren outlet online, oakley sunglasses, sac longchamp pas cher, nike air max, nike outlet, tory burch outlet, oakley sunglasses wholesale, kate spade outlet, uggs on sale, louis vuitton outlet, louis vuitton outlet, ray ban sunglasses, longchamp outlet, nike roshe, polo ralph lauren, tiffany and co

oakleyses said...

nike free uk, michael kors outlet online, abercrombie and fitch uk, coach outlet, north face, ray ban uk, michael kors, mulberry uk, nike air max uk, coach purses, replica handbags, lululemon canada, hollister pas cher, michael kors outlet online, true religion outlet, ray ban pas cher, michael kors outlet, true religion outlet, burberry handbags, polo lacoste, michael kors outlet online, guess pas cher, nike roshe run uk, michael kors, michael kors outlet, vans pas cher, nike air max, true religion jeans, true religion outlet, timberland pas cher, burberry outlet, uggs outlet, michael kors outlet, nike air force, sac hermes, nike blazer pas cher, nike air max uk, sac vanessa bruno, uggs outlet, coach outlet store online, hogan outlet, michael kors outlet online, new balance, oakley pas cher, converse pas cher, north face uk, nike tn, hollister uk, ralph lauren uk

oakleyses said...

mcm handbags, timberland boots, hollister, converse, instyler, asics running shoes, nfl jerseys, jimmy choo outlet, ralph lauren, hermes belt, north face outlet, north face outlet, lululemon, herve leger, louboutin, vans outlet, gucci, celine handbags, hollister, beats by dre, nike roshe run, chi flat iron, ferragamo shoes, p90x workout, hollister clothing, iphone cases, baseball bats, babyliss, longchamp uk, mont blanc pens, nike air max, oakley, mac cosmetics, lancel, reebok outlet, ray ban, valentino shoes, bottega veneta, new balance shoes, soccer shoes, nike air max, nike huaraches, soccer jerseys, insanity workout, converse outlet, abercrombie and fitch, nike trainers uk, ghd hair, wedding dresses, vans

oakleyses said...

karen millen uk, doudoune moncler, canada goose outlet, louis vuitton, pandora charms, pandora jewelry, louis vuitton, montre pas cher, swarovski crystal, ugg, links of london, ugg uk, swarovski, canada goose uk, louis vuitton, ugg,ugg australia,ugg italia, toms shoes, louis vuitton, ugg,uggs,uggs canada, hollister, juicy couture outlet, ugg pas cher, supra shoes, moncler, replica watches, moncler outlet, pandora uk, moncler, moncler, juicy couture outlet, thomas sabo, marc jacobs, moncler, moncler outlet, canada goose, canada goose outlet, canada goose, canada goose outlet, wedding dresses, canada goose jackets, louis vuitton, pandora jewelry, canada goose, moncler uk, coach outlet

 

Hak cipta © HIDAYATULLAH 2006 - All rights reserved | WEB DAY | FRIENDSTER DAY | FOTO DAY